Rata-rata Gaji Seorang IT Developer di Indonesia

05 Okt 2022

Berbicara tentang pekerjaan, salah satu aspek paling penting adalah gaji. Semakin tinggi gaji yang dihasilkan dari suatu pekerjaan, maka semakin tinggi pula peminatnya terhadap pekerjaan tersebut. 

Siapa yang tidak menginginkan gaji yang tinggi bukan?

Menurut Katadata, pekerjaan di bidang Software Developer  termasuk dalam 20 pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia lho. Menarik sekali bukan? 

Software Developer terdiri dari banyak sekali bidang keahlian. Pembagian ini berdasarkan dari platform dan software yang digunakan. Oleh karena itu, berikut ini adalah informasi rata-rata gaji seorang Software Developer berdasarkan Indeed.com sesuai dengan 8 alur belajar IDCamp 2022. 

Android Developer

Menurut AsiaQuest Indonesia, Seorang Android Developer adalah Software Developer yang berspesialisasi dalam merancang dan membangun aplikasi berbasis mobile menggunakan sistem operasi Android. Rata-rata gaji seorang Android Developer Indonesia adalah Rp8,546,405 per bulan. 

Front-End Web Developer

Menurut Technopedia, Seorang Front-End Web Developer adalah Software Developer yang berspesialisasi dalam merancang dan membangun aplikasi web yang responsif, interaktif dan user friendly. Rata-rata gaji seorang Front-End Web Developer Indonesia adalah Rp6,824,803 per bulan. 

Machine Learning Developer

Menurut IBM, Machine Learning adalah subbidang AI yang berfokus pada analisis data untuk menemukan hubungan antara input dan output yang diinginkan. 

Seorang Machine Learning Developer adalah pakar dalam menggunakan data untuk model pelatihan. Model-model tersebut kemudian digunakan untuk mengotomatisasi proses seperti klasifikasi gambar, pengenalan suara, dan perkiraan pasar. Rata-rata gaji seorang Machine Learning Developer Indonesia adalah Rp12,916,342 per bulan.

Back-End Developer

Menurut Simple Programmer, seorang Back-End Developer adalah software developer yang bertanggung jawab dalam mengelola server, aplikasi, dan database agar dapat saling berkomunikasi dengan baik dan lancar. Rata-rata gaji seorang Back-End Developer adalah Rp9,199,516 per bulan.

Multi-Platform App Developer

Menurut Fullscale.io, seorang Multi-Platform App Developer adalah software developer yang berspesialisasi dalam merancang dan membangun aplikasi yang dapat digunakan di berbagai operasi populer seperti Android dan Multi-Platform. Rata-rata gaji seorang Multi-Platform App Developer adalah Rp6,808,622 per bulan.

iOS Developer 

Menurut Toptal, seorang iOS Developer adalah software developer yang berspesialisasi dalam merancang dan membangun aplikasi untuk pasar operating system iOS. Rata-rata gaji seorang iOS Developer adalah Rp11,815,050 per bulan. 

React Developer

Menurut Fullscale.io, seorang react developer adalah software developer yang berspesialisasi dalam merancang dan membangun interaksi dalam website atau aplikasi menggunakan framework React. Rata-rata gaji seorang React Developer adalah Rp7,239,411 per bulan. 

DevOps Engineer

Menurut Edureka, seorang DevOps Engineer adalah seorang yang berspesialisasi untuk membangun infrastruktur yang terotomatisasi, terintegrasi dan fleksibel. Rata-rata gaji seorang DevOps Engineer adalah Rp14,492,002 per bulan.

Menarik ya?

Namun perlu diketahui bahwa rata-rata gaji diatas merupakan data yang bersifat subjektif ya. Karena besaran gaji seorang pekerja pastinya dipengaruhi oleh tingkat pengalaman, skill dan juga penawaran dari masing-masing perusahaan yang berbeda satu dengan lainnya.

Bagaimana?

Setelah tahu besaran rata-rata gaji dari seorang IT Developer, kamu ingin mulai berkarir di bidang apa nih?

Bersama IDCamp 2022 dan Dicoding Indonesia, mari wujudkan impianmu untuk menjadi seorang Developer Expert di bidang yang kamu minati.

Nantikan informasi penerima kelas lanjutannya di learning path pilihanmu ya!

Salam,
Indosat Ooredoo Hutchison Digital Camp