Coding Scholarship & Offline Training Gratis: IDCamp x KADIN

Coding Scholarship & Offline Training Gratis: IDCamp x KADIN

10 Jan 2023

IDCamp (Indosat Ooredoo Hutchison Digital Camp) adalah sebuah program beasiswa dari Indosat Ooredoo Hutchison untuk mencetak developer/programmer Indonesia yang siap bersaing di dunia ekonomi digital. Program ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Indosat Ooredoo Hutchison di pilar Pendidikan Digital sebagai upaya membangun bangsa Indonesia sebagai Digital Nation.

Melanjutkan sukses IDCamp di tahun 2019 hingga 2022 yang telah menghasilkan lebih dari 23.285 developer tersertifikasi, Indosat Ooredoo Hutchison berkolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) menghadirkan program Coding Scholarship & Offline Training Gratis: IDCamp x KADIN, sebuah coding boot camp yang tergabung dalam program IDCamp 2023 dan bertajuk “Empowering Indonesia’s Next Digital Talent“.¬†

Program ini akan menyasar Warga Negara Indonesia di 3 kota besar Indonesia yaitu Solo, Makassar, dan Medan (dan sekitarnya). Melalui program Coding Scholarship & Offline Training Gratis: IDCamp x KADIN, Indosat Ooredoo Hutchison dan KADIN berupaya untuk memberdayakan masyarakat di 3 kota besar tersebut untuk mengembangkan skill coding agar menjadi calon talenta digital di masa yang akan datang melalui program pelatihan di 3 alur belajar Dicoding Academy berikut: Android, Front-End Web, dan Back-End Development.

IDCamp 2023 x KADIN akan memberikan beasiswa pelatihan coding baik secara online dan offline* di 3 alur belajar/learning path mulai dari level dasar (basic), pemula (beginner), hingga menengah (intermediate). Selain itu, akan ada juga tantangan berhadiah untuk para penerima beasiswa lanjutan guna membuat sebuah solusi digital sesuai dengan alur belajar yang dipilih.

Program ini terbuka untuk:

  • Warga Negara Indonesia yang memiliki KTP berdomisili di kota Solo, Makassar, Medan (dan sekitarnya).
  • Warga Negara Indonesia yang sedang tinggal kota Solo, Makassar, Medan (dan sekitarnya).
  • Warga Negara Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di kota Solo, Makassar, Medan (dan sekitarnya).

Berikut adalah pembagian alur belajar dengan kota penyelenggaraan IDCamp x KADIN:

  1. Alur belajar Front-End Web Developer untuk Masyarakat di Kota Solo (dan sekitarnya)
  2. Alur belajar Back-End Developer untuk Masyarakat Kota Makassar (dan sekitarnya)
  3. Alur belajar Android Developer untuk Masyarakat Kota Medan (dan sekitarnya)

Timeline

  • 10 Januari – 10 Februari 2023 : Registrasi IDCamp x KADIN
  • 10 Januari – 10 Maret 2023 : Masa belajar kelas dasar dan pemula
  • 15 Maret 2023 : Pengumuman beasiswa kelas menengah¬†
  • 15 Maret – 15 Mei 2023 : Masa belajar kelas menengah – alur belajar Front-End Web Developer
  • 15 Maret – 30 Mei 2023 : Masa belajar kelas menengah – alur belajar Back-End Developer
  • 15 Maret – 25 Juli 2023 : Masa belajar kelas menengah – alur belajar Android Developer
  • 20 April 2023 : Pengumuman peserta terpilih offline training
  • 12 Mei 2023 : Launching developer challenge
  • 12 May – 10 August 2023 : Durasi developer challenge
  • 13-14 Mei 2023 : Offline training alur belajar Front-End Web Developer di Kota Solo
  • 20 – 21 Mei 2023 : Offline training alur belajar Back-End Developer di Kota Makassar
  • 27 – 28 Mei 2023 : Offline training alur belajar Android Developer di Kota Medan
  • 17 Agustus 2023 : Pengumuman pemenang¬† developer challenge

Di program ini, pendaftar yang valid akan mendapatkan beasiswa/akses belajar gratis di level dasar dan pemula pada alur belajar yang dipilih (jika kuota masih tersedia). Setelah mendapat akses belajar, peserta bisa langsung mengerjakan kelas dasar dan pemulanya sampai tanggal yang tertera di timeline. Di akhir masa belajar, tim IDCamp 2023 x KADIN akan menyeleksi peserta berdomisili kota penyelenggaraan offline training yang sudah lulus di kelas dasar dan pemula dengan hasil belajar terbaik untuk bisa mendapatkan akses belajar di level berikutnya dan mengikuti offline training di kota pelaksanaan. Selain itu, para peserta terpilih di level menengah juga bisa mengikuti developer challenge, sebuah tantangan untuk membuat solusi digital sesuai alur belajar masing-masing dengan hadiah menarik.

Pendaftaran dibuka hingga 10 Februari 2023. Maka dari itu, untuk seluruh calon talenta digital Indonesia yang berminat mengikuti program IDCamp x KADIN silakan mendaftarkan diri melalui: dicoding.id/IDCampxKADIN.

FAQ (Frequently Asked Question)

Q: Siapa saja yang bisa mendaftar program IDCamp 2023 x KADIN Indonesia Offline Training?
A: Seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di kota Solo, Medan, dan Makassar (dan sekitarnya).

Q: Berapa kuota penerima beasiswa yang akan diberikan IDCamp x KADIN?
A: Beasiswa IDCamp x KADIN di level dasar dan pemula akan diberikan secara online kepada 1.000 pendaftar valid di masing-masing learning path dan kota penyelenggaraannya. Kemudian, sekitar 100 lulusan terbaik dari setiap learning path akan mendapatkan beasiswa lanjutan di level menengah. Dari situ, akan dipilih 50 peserta dengan progress belajar terbaik untuk mengikuti offline training di masing-masing kota penyelenggaraan selama 2 hari pada timeline tertera.

Q: Jika tidak berdomisili di 3 kota penyelenggaraan offline training, apakah bisa mendaftar?
A: Bisa dengan mengupload surat berkomitmen hadir di offline training (jika terpilih). Program ini terbuka untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di kota Solo, Medan, dan Makassar (dan sekitarnya).

Q: Apa saja benefit mengikuti offline training IDCamp x KADIN?
A: IDCamp x KADIN akan menyediakan fasilitas berupa materi training, trainer expert, co-trainer, venue penyelenggaraan training, sertifikat training, serta konsumsi. IDCamp x KADIN tidak menyediakan biaya akomodasi maupun transportasi untuk peserta.

Q: Apakah semua yang mendaftar program ini akan mendapatkan beasiswa?
A: Ya. Semua peserta terdaftar yang valid akan mendapatkan akses ke kelas Dasar dan Pemula di alur belajar pilihan maksimal di hari kerja berikutnya setelah berhasil mendaftar.